Langkah 1.
- Buat dokumen flash baru dengan ukuran 751 px x 372 px frame rate 21.

- Tambahkan 4 buah Layer lagi dan ubah masing-masing Layer menjadi : Layer 1 = Latar; Layer 2 = Tombol; Layer 3 = Label; Layer 4 = Materi; Layer 5 = Aksi.

Langkah 2.
Klik Frame 1 Layer Latar, masukkan image latar (jika sobat ingin menggunakan latar dalam latihan ini silahkan sobat download disini), dengan cara klik File – Import – Import to Stage.


Langkah 3.
Klik Frame 1 Layer Tombol dan buatlah 4 buah tombol seperti gambar berikut :

Jika keempat tombol selesai sobat buat, lanjutkan dengan meng-convert masing-masing tombol dengan cara menekan tombol F8 :

Dan berikanlah instance name pada property profil dengan nama “profil_btn” (tanpa tanda petik)

Dan berikanlah instance name pada property profil dengan nama “kegiatan_btn” (tanpa tanda petik)

Dan berikanlah instance name pada property profil dengan nama “prestasi_btn” (tanpa tanda petik)

Dan berikanlah instance name pada property profil dengan nama “kontak_btn” (tanpa tanda petik)
Jika selesai dengan langkah 3 silahkan lanjut ke langkah 4……
Langkah 4.
- Klik Kanan frame 6 pada Layer Latar dan Layer Tombol kemudian klik Insert Frame.
- Lanjutkan dengan klik Kanan Frame 2 Layer Label, Layer Materi dan Layer Aksi, lakukan hal yang sama pada Frame 3 sampai dengan Frame 6.

Langkah 5.
Klik Frame 1 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “profil” (tanpa tanda petik)
Klik Frame 2 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “kegiatan” (tanpa tanda petik)
Klik Frame 3 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “kegiatan2” (tanpa tanda petik)
Klik Frame 4 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “kegiatan3” (tanpa tanda petik)
Klik Frame 5 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “prestasi” (tanpa tanda petik)
Klik Frame 6 Layer Label dan berikan nama pada Properti Frame Label dengan nama “kontak” (tanpa tanda petik)

Langkah 6.
Untuk Layer Materi silahkan sobat isi materi sesukan sobat……
Langkah 7.
Klik Frame 1 Layer Aksi dan tuliskan AS berikut :
stop();
kegiatan_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kegiatan");
}
prestasi_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("prestasi");
}
kontak_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kontak");
}
Klik Frame 2 Layer Aksi dan tuliskan AS berikut :
stop();
profil_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("profil");
}
prestasi_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("prestasi");
}
kontak_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kontak");
}
Untuk frame 5 Layer Aksi :
stop();
profil_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("profil");
}
kegiatan_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kegiatan");
}
kontak_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kontak");
}
Untuk frame 6 Layer Aksi :
stop();
profil_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("profil");
}
kegiatan_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("kegiatan");
}
prestasi_btn.onRelease = function() {
gotoAndStop("prestasi");
}
Selesai deh aplikasi presentasi menggunakan macromedia flash 8……
Kalau sobat kesulitan dengan membuatnya silahkan sobat download file latihannya disini
Technorati Tags: Tutorial Flash,Tutorial Macromedia Flash,Dasar Macromedia Flash,Dasar Flash,Flash Dasar,Macromedia Flash Dasar,Petunjuk,Sinau,Belajar,E-Learning
Terima kasih sudah berkunjung…
+ comments + 4 comments
itu pake action script berapa
@Galih MayanggaAction Script 2.0
lumayan susah ya
filenya tak bisa d download
Post a Comment
Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar...