Dalam membuat media pembelajaran tentunya akan lebih baik lagi jika kita melibatkan interaksi dengan siswa.
Maka dalam tutorial kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat Animasi Interaksi Drag and Drop menggunakan macromedia flash 8. Dimana kita bisa menggeser (mencocokan) gambar setelah itu kita dapat mengecek jawabannya.
Perhatikan contoh media interaksi berikut :
Silahkan ikuti langkah-langkah pembuatan.
Langkah 1.
Jalankan macromedia flash 8 kesayangan kamu dan buat file flash baru.
Langkah 2.
Buatlah seperti contoh gambar berikut :
Langkah 3.
Seleksi gambar Mangga dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “mangga” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.
Jika sudah, seleksi gambar Apel dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “apel” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.
seleksi gambar Kotak Mangga dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “ktkmangga” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.
Jika sudah, seleksi gambar Kota Apel dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “ktkapel” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.
Langkah 4.
jika sudah selesai merubah gambar-gambar diatas menjadi movie clip lanjutkan dengan memberi instance name pada masing-masing gambar dengan cara klik gambar dan lanjutkan dengan klik properties (perhatikan gambar berikut)
Langkah 5.
Klik gambar Apel, lanjutkan dengan klik Modify – Arrange – Bring to Front.
Lakukan hal sama dengan gambar Mangga!
Langkah 6.
Klik gambar Apel kemudian tekan F9 (Action) dan copas Action berikut :
Langkah 7.
Ulangi langkah 6 untuk gambar Mangga dengan Action yang sama juga.
Langkah 8.
Untuk kotak jawaban buatlah dengan menggunakan Dynamic Text, dengan cara perhatikan gambar dibawah :
Langkah 9.
Klik tombol “Enter” (tombol cek jawaban) kemudian tekan tombol F9 dan copas action di bawah :
untuk file latihannya silahkan download disini……
Maka dalam tutorial kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat Animasi Interaksi Drag and Drop menggunakan macromedia flash 8. Dimana kita bisa menggeser (mencocokan) gambar setelah itu kita dapat mengecek jawabannya.
Perhatikan contoh media interaksi berikut :

Silahkan ikuti langkah-langkah pembuatan.
Langkah 1.
Jalankan macromedia flash 8 kesayangan kamu dan buat file flash baru.

Langkah 2.
Buatlah seperti contoh gambar berikut :

Langkah 3.
Seleksi gambar Mangga dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “mangga” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.

Jika sudah, seleksi gambar Apel dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “apel” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.

seleksi gambar Kotak Mangga dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “ktkmangga” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.

Jika sudah, seleksi gambar Kota Apel dan lanjutkan dengan menekan tombol F8 (Convert to Symbol) pada Name isi “ktkapel” dan Type “Movie clip” kemudian klik OK.

Langkah 4.
jika sudah selesai merubah gambar-gambar diatas menjadi movie clip lanjutkan dengan memberi instance name pada masing-masing gambar dengan cara klik gambar dan lanjutkan dengan klik properties (perhatikan gambar berikut)

Langkah 5.
Klik gambar Apel, lanjutkan dengan klik Modify – Arrange – Bring to Front.

Lakukan hal sama dengan gambar Mangga!
Langkah 6.
Klik gambar Apel kemudian tekan F9 (Action) dan copas Action berikut :
- on (press) {
- startDrag(this);
- }
- on(release) {
- stopDrag();
- }
Langkah 7.
Ulangi langkah 6 untuk gambar Mangga dengan Action yang sama juga.
Langkah 8.

Untuk kotak jawaban buatlah dengan menggunakan Dynamic Text, dengan cara perhatikan gambar dibawah :

Langkah 9.
Klik tombol “Enter” (tombol cek jawaban) kemudian tekan tombol F9 dan copas action di bawah :
- on (release) {
- if ((_root.mangga.hitTest(_root.ktkmangga)) &&
- (_root.apel.hitTest(_root.ktkapel))) {
- _root.jawaban = "BENAR";
- } else {
- _root.jawaban = "SALAH";
- }}
untuk file latihannya silahkan download disini……
Technorati Tags: Tutorial Flash,Tutorial Macromedia Flash,Dasar Macromedia Flash,Dasar Flash,Flash Dasar,Macromedia Flash Dasar,Petunjuk,Sinau,Belajar,E-Learning
+ comments + 2 comments
thankyou sob.
trima kasih juga dah berkunjung juga sob...
Post a Comment
Terima Kasih Sudah Meninggalkan Komentar...